Penyakit Pada Ikan Mas Koki dan Pengobatannya

By
Advertisement
Ikan mas koki bisa dibilang ikan yang rentan terhadap suatu penyakit. Banyak orang bilang ikan koki gampang mati. Bisa benar bisa juga tidak pernyataan itu. Sebab kematian ikan mas koki sesungguhnya bukan hanya di karenakan jenis ikan ini lemah, melainkan ada faktor lain penyebab kematian ikan koki ini, yaitu kesalahan dari sang pemelihara yang belum mengerti akan karakteristik ikan ini sehingga kesehatan ikan terganggu dan akhirnya mati.
Contoh kesalahan pemelihara yang sering terjadi adalah:

  1. Kebersihan air yang tidak dijaga dan tercemar amoniak, misalnya akibat dari pemberian makan yang salah, filter yang kurang baik, sirkulasi air yang kurang tepat dan cara penggantian air yang kurang tepat. Ingat, ikan mas koki sangat tidak tahan terhadap amoniak terlaru dalam air.
  2. Kurangnya oksigen terlarut dalam air, yang diakibatkan oleh pemasangan aerator yang kurang pas dan sirkulasi air yang kurang bagus.
Pada pokok bahasan kali ini dengan judul Penyakit Pada Ikan Mas Koki dan Pengobatannya lebih menjurus pada faktor kesalahan yang pertama diatas yaitu "Kebersihan air yang tidak dijaga". Kotornya air akan menimbulkan berbagai parasit, bakteri dan jamur, yang secara otomatis karena air ini adalah media hidup bagi si ikan koki maka ikan koki akan dengan mudah terserang parasit, bakteri atau jamur tersebut dan akhirnya jatuh sakit dan apabila tidak ditangani dengan benar akan segera menyebar ke seluruh penghuni akuarium bahkan sampai kematian berantai. hahahahaha serem kan???
Penyakit Pada Ikan Mas Koki dan Pengobatannya
Ikan Koki Mati
Umumnya penyakit dapat timbul akibat salah pemeliharaan pada ikan mas koki. Ikan mas koki yang mati sesungguhnya bukan hanya dikarenakan lemah namun akibat kekeliruan didalam perawatan ikan mas koki tersebut terutama pada kualitas air seperti, Air yang tercemar amoniak, kurang oksigen, serta lama tidak diganti. Kondisi air tersebut bisa mengganggu kesehatan ikan. pengaturan air yang pas salah satunya dengan pemakaian filter yang dapat membuat situasi akuarium bersih serta nyaman untuk ikan. Pengamatan pada penyakit mesti dikerjakan tiap-tiap hari dengan menyelidiki adakah koki yang alami pergantian sikap misalnya tidak aktif berenang, sering berdiam di dasar kolam atau di permukaan dan tidak nafsu makan.

Berikut penyakit penyakit yang dapat menyerang ikan mas koki yang dapat kita amati dari luar beserta cara pengobatannya:

1.Lernaea ( cacing perioder )
Penyebab : parasit yang melekat serta menusuk layaknya jarum. menembus tutup insang, badan, sirip serta mata.
Tanda-tanda : tampak ada luka di lebih kurang area yang terserang.
Penanggulangan : penyembuhan dikerjakan gunakan dipterex atau sumition 50ec dengan dosis 1cc/m3air. atau dengan merendam mas koki yang sakit sepanjang 10 menit didalam larutan formalin dengan dosis 250 mg formalin : 100 liter air. perendaman di lagi tiga kali sepanjang tiga hari. untuk memberantas mata rantai penyakit, rendam juga akuarium didalam larutan tetracyclin dengan dosis 250 mgtetracyclin : 250 liter air sekurangnya 5 jam. ulangilah tiga kali didalam tiga hari.

2. Jamur ( saprolegniasis )
Penyebab : jamur yang nampak saat suhu dingin.
tanda-tanda : tubuh ikan terlihat layaknya diselimuti kapas. sisi yang terserang umumnya kepala, tutup insang serta sirip.
Penanggulangan : ikan mas koki yang diserang penyakit direndam didalam larutan malachite green dengan dosis 3 gr/m3 air sepanjang 20 menit.

3. Bakteri aeromonas ( punctata )
Penyebab : bakteri ganas aeromonas.
Tanda-tanda : badan ikan jadi suram serta tidak cerah, kulitnya seperti melepuh. berenang amat lemah di permukaan air dengan megap-megap kekurangan oksigen.
Penanggulangan : dengan pencampuran 50 mg terramicine 50 mg/kg pakan serta diberikan dengan berturut-turut sepanjang 7 hari. tetapi, ikan yang terinfeksi berat baiknya dimusnahkan.

4. Bakteri pseudomonas
Penyebab : bakteri psedomonas flurescens.
Tanda-tanda : kulit ikan alami pendarahan. luka umumnya lantas memborok sirip jadi grepes serta habis.
Penanggulangan : dengan mencampurkan oxytetracyclin 25 mg/kg pakan. diberikan sepanjang 7 hari berturut-turut.

5. Bintik putih ( white spot )
whitespot, bintik putih
Whitespot pada ikan koki
Penyebab : protozoa ichthyophtirius multifilis yang ganas.
Tanda-tanda : seluruh atau beberapa tubuh ikan mas koki terlihat dihiasi bintik kecil berwarna putih. pada infeksi berat, dapat terlihat tanda-tanda selaput putih. ikan jadi gatal serta kerap menggosok-gosokan badannya dan berenang kepermukaan dengan amat lemah.
Penanggulangan : dibuatkan larutan methylene blue 1 persen ( 1 gram didalam 100 cc air ) lantas campuran ini di ambil 2-4 cc digabung dengan 4 liter air serta ikan mas koki yang diserang penyakit lantas direndam didalamnya sepanjang 24 jam. kerjakan penyembuhan ulangan hingga ikan pulih.

Tips selama pengobatan ikan mas koki

Untuk pengobatan sebaiknya gunakan heater atau pemanas pada akuarium untuk mensetabilkan suhu. setel pada suhu 29 atau 30 derajat celcius pada akuarium memperhangat suhu akuarium yang nantinya berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan ikan. Ingat, jika agan punya ikan jenis sapu2 diakuarium sebaiknya ikan sapu- sapu dipindahkan terlebih dahulu karena ikan ini tidak kuat pada suhu tersebut.
Untuk pencegahan penularan penyakit pada ikan lain sebaiknya ikan yang sakit dipisahkan atau  di karantina pada wadah terpisah bisa berupa bak, ember, panci yang penting diberi aerator dan penggantian seperempat air yang rutin setiap hari. Akan lebih baik lagi kalau agan sediakan akuarium khusus karantina.

Untuk mengetahui ciri- ciri ikan mas koki sakit mari kita simak disini " ciri- ciri ikan mas sedang koki sakit "

14 comments:

  1. Terima kasih infonya bermanfaat sekali.
    Kebetulan saya pelihara ikan mas koki dan sejak 2 hari ini dia pasif tidak berenang, padahal biasanya paling lincah. Saya khawatir stress atau karena sakit. Di siripnya (punggung) ada putih2, lebih seperti selaput sebenarnya. Namun di ikan mas yg berbeda lagi ada bintik putih, tapi hanya sedikit.

    Saya khawatir penyakitnya spt yg terakhir yaitu protozoa ichthyophtirius multifilis yang ganas.Kalau boleh tau untuk pengobatannya, cairan methylene blue bisa dibeli dimana dan berapa harganya ya? Mohon infonya. Trims :)

    ReplyDelete
  2. jangal lupa pake heater di set suhunya 29-30 derajat gan untuk mempercepat proses penyembuhan. taruh di tank khusus atau kalau masih tetep di akuarium, kalau di akuarium ada ikan sapu- sapunya mending dikluarin tuh sapu- sapu. pengalaman klo pakai obat biru trus pake heater ikan sapu- sapu nya gak kuat dan akhirnya koid.

    ReplyDelete
  3. metheline blue di toko akuarium/ ikan biasanya ada

    ReplyDelete
  4. Mohon bantuannya... salah satu mata pada ikan maskoki saya menonjol keluar. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya. Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Kalau Jamur Di Ekor Ikan Mas Koki .Kayak Mana Gan Cara Obatinya? :v

    ReplyDelete
  6. Mau nanya dong, saya punya ikan mas koki yang masi kecil terus saya taro aquarium kecil ga pake oxygen saya lupa pasangnya terus agak lamaan ikan saya udah ngambang terbalik tapi belum mati, masi bergerak kadang berenang sbentar terus ngambang lagi terbalik, kaya gitu bisa di pulihin lagi ga? 😢

    ReplyDelete
  7. Ikan saya di siripnya sekarang muncul bercak hitam. Awalnya hanya sedikit di bagian bawah lalu muncul bercak bercak hitam di sirip2 yg lain. Ikan saya kenapa ya? Sakitkah? Mohon infonya.. trmksh

    ReplyDelete
  8. nanya dong,ikan koki saya lemah tidak mau makan dan diem di dasar aquarium aja...apa obatnya?

    ReplyDelete
  9. thanks infonya http://tokoumpan.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    ReplyDelete
  10. makasih atas infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2QObcP9

    ReplyDelete
  11. Misi kak mau tanya, saya baru beli ikan trus saya masukkin ke akuarium yg biasa gak isi oksigen gitu . Trus aku kasi makan dia , awalnya di masukin ke mulut tapi setelah itu di keluarkan lagi makanannya , itu masalah pada apa ya?

    ReplyDelete
  12. Kak mau tanya, itu selama pengobatan berlangsung itu boleh menggunakan filter engga?

    ReplyDelete
  13. It as hard to find educated people on this topic, but you seem like you know what you are talking about! Thanks idn poker

    ReplyDelete
  14. You have made some good points there. sbobet88 I looked on the internet to learn more about the issue and found most people will go along with your views on this website.

    ReplyDelete