Cara- cara Dasar Memelihara Ikan Mas Koki

By
Advertisement
Kalau agan menemukan arikel ini lewat google, sudah bisa ditebak bahwa agan penghobi ikan mas koki yang masih baru alias newbie. Kenapa bisa begitu? dilihat dari juldulnya saja sudah kelihatan "Cara- cara Dasar Memelihara Ikan Mas Koki", ya pastinya disini akan di bahas dasar- dasarnya. Lah kalau tingkat dasar kan sama dengan pemula.....wkwkwkwk. Yasudah, sebaiknya segera disimak Cara- cara Dasar Memelihara Ikan Mas Koki berikut ini, biar tidak ada korban mas koki mati lagi di akuarium agan. Di bawah ini juga ane sertain koleksi ikan mas koki ane yang masih kecil- kecil dan unyu- unyu.



Cara- cara Dasar Memelihara Ikan Mas Koki

Cara- cara Dasar Merawat Ikan Mas Koki:

  1. Pertama kali akan memelihara ikan mas koki, sebaiknya air yang telah dimasukkan dalam aquarium diendapkan terlebih dahulu. Terutama kalo pakai air PDAM (mengandung kaporit), tampung air dalam wadah, dan biarkan sehari semalam atau bisa juga di jemur maka kaporitnya akan hilang. Misal masih mau memulai memelihara sebaiknya akuarium diisi air terlebih dahulu minimal 1minggu dengan posisi aliran air dan filter dinyalakan.
  2. Ketika akan memasukkan ikan mas koki ke dalam aquarium, jika ikan mas koki tersebut berada dalam kantong plastik sebaiknya taruh kantong plastik yang berisi ikan mas koki tadi ke dalam permukaan air aquarium selama 15 menit, untuk menyesuaikan suhu dalam aquarium dan suhu ikan koki, setelah itu buka karet plastik dan miringkan posisi plastik agar ikan lepas dengan sendirinya ke akuarium, jika ikan sdah mau keluar dengan sendirinya ke air akuarium berarti si ikan koki sudah merasa dirinya selesai beradaptasi. Ini penting dilakukan agar ikan mas koki tidak stress dan mati.
  3. Jika akan memelihara dalam aquarium yang besar, maka diperlukan aerator peniup udara di aquarium, filter, dan selang penyedot kotoran. Ketiga alat ini penting untuk mencegah kotoran dan sirkulasi udara air dalam aquarium. Pemeliharaan ikan mas koki yang perlu di perhatikan, sirkulasi airnya harus lancar, sirkulasi ini untuk menambah kadar oksigen air dan menetralisir zat-zat racun yang terkandung dalam air, disamping itu juga menjernihkan air setelah lewat filter.
  4. Ikan mas koki jangan dicampur dengan ikan jenis lain terutama yang bersifat agresif, dan lebih baik aquarium di beri tanaman air, Juga kerang atau kayu bakau sebagai hiasan, biarkan lumut dan tanaman air tumbuh di situ, tanaman air ini akan jadi makanan ikan yang bagus untuk kecerahan warna ikan koki. karena lumut dan tanaman air itu mengandung sitokinin, yang dapat menambah cerah warna merah dan orange, asal kacanya tetap bersih, agar enak dipandang. Jangan khawatir soal jamur di kaca, beberapa jamur gak akan jadi penyakit bagi ikan mas koki.
  5. Lokasi aquarium dipastikan tidak terkena sinar matahari langsung agar lumut dan alga tidak cepat berkemang biak dan air akuarium anda menjadi hijau oleh alga. Tentunya akan sangat tidak enak dipandang
  6. Beri pakan secukupnya..JANGAN TERLALU SERING beri makan ikan mas koki karena ikan mas koki ini merupakan ikan yang rakus, selalu memakan makanan yang ada, dan jika kekenyangan maka ikan mas koki akan cepat mati atau bermasalah pada gelembung renangnya sehingga ikan koki akan berenang miring- miring atau terbalik. Dan menurut penelitian ahli, tubuh yang ramping bagi ikan mas koki akan memperpanjang umurnya. Pakan ikan ini yang alami dan bagus untuk ikan mas koki adalah cacing sutera karena mengandung protein yang tinggi. Tetapi untuk lebih praktisnya, pakan ikan mas koki adalah bentuk pellet yang banyak dijual di toko-toko. untuk memberi makan ikan mas koki silakan klik Cara Memberi Makan Ikan Mas Koki di Akuairium.
  7. Jangan memberi pakan pada malam hari atau menjelang malam.Karena ikan mas koki merupakan ikan yang cepat proses pencernaannya,,setelah dia makan maka akan dikeluarkan dalam bentuk feses (mengandung amoniak). Bakteri pengurai, aktif pada malam hari dan akan menguraikan feses ikan mas koki yang akan menyebabkan kandungan amoniak dalam air aquarium tinggi dan tidak baik bagi ikan mas koki karna jenis ikan ini sangan sensitif terhadap kadar amonia terlarut.
  8. Pada saat menguras air aquarium sebaiknya air yang akan dibuang jangan semuanya karena jika semua air lama digantikan dengan air baru, maka ikan mas koki harus beradaptasi lagi dan menyebabkan stress yang berakibat kematian. Tapi demi kebersihan dan kesehatannya hal ini perlu dilakukan, tapi jangan sering – sering…melakukannya bisa seminggu sekali, dengan cara sedot air kotornya sampai 1/2 aquarium, trus tambahkan air bersih yang tidak mengandung kaporit dan suhu relatif sama dengan air sebelumnya. Selain itu bersihkan filternya ( lebih baik pakai filter dakron dan karbon aktif, Zeolit).. Bila sebelum satu bulan air sudah kotor, bersihkan filternya saja, jangan ganti air.
  9. Air aquarium yang baru diisi (setelah dikuras) sebaiknya diberi garam ikan(beli di toko ikan)yang mempunyai manfaat mencegah pertumbuhan jamur serta menetralisir parasit dan bakteri di aquarium.
Demikian Cara- cara Dasar Memelihara Ikan Mas Koki di Akuarium. Semoga bermanfaat dan dapat menekan korban jiwa mas koki di tanah air beta ini. kasihan juga kan ikan klo ikan mas kokinya sakit trus mati.

7 comments:

  1. AYUK JOIN DAN RASAKAN SENSASI BERMAIN SABUNG AYAM

    KUNJUNGI SITUS KAMI DI
    http://www.gorengayam.com 


    HANYA DI SINI ANDA BISA MERASAKAN KEMENANGAN TERUS MENERUS

    http://bakarayammarketing.blogspot.com/2018/08/3-perihal-yang-mengatakan-sabung-ayam.html/


    ========================================================
    INFO SEPUTAR SABUNG AYAM

    SABUNG AYAM

    SABUNG AYAM ONLINE

    SABUNG AYAM BANGKOK

    SABUNG AYAM FILIPINA

    ReplyDelete
  2. Thanks infonyaa ya https://bit.ly/2NttF6q

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2MZshrf

    ReplyDelete
  4. Ayo daftarkan diri anda bersama kami di kelinci99.info ya..
    1 id bisa bermain sepuasnya..."
    kontak 2.B.1.E.7.B.8.4...
    dengan cs angelina sedang bertugas..

    ReplyDelete
  5. Ingin Bermain Poker Online Dengan Uang Asli ?
    Tapi Ngak Tau Situs Poker Online Yang Bisa Di Percaya . ?
    Poker Online - HTTP://ARENADOMINO.COM
    Minimal Deposit / Withdraw : Rp.20.000,-
    Bonus Refferal 20% Seumur Hidup .
    Bonus Turn Over 0.5% Tanpa Batas .
    Player VS Player ( 100% Tanpa Bot ) .
    7 Games Dalam 1 User ID .
    POKER - DOMINO - ADUQ - BANDARQ - CAPSA - BANDAR POKER - SAKONG
    Rasakan Sensasi nya Menjadi Bandar , hanya di BANDARQ , BANDAR POKER.
    Dengan Pelayanan Terbaik ( Customer Service ) .
    Customer Service Online 24 Jam .
    Infomasi Lengkap Kunjungi : HTTP://ARENADOMINO.COM

    ReplyDelete
  6. sabung ayam online dengan ribuan member terpercaya sejak 2010

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7833337-obat-ampuh-menghilangkan-dugal-air-pada-ayam-bangkok-aduan

    http://bolavita.ultimatefreehost.in/fungsi-bawang-putih-bagi-ayam-bangkok-aduan/

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  7. It as nearly impossible to find experienced people about this topic, s1288 but you sound like you know what you are talking about! Thanks

    ReplyDelete